-->
Beranda / Microsoft Word / Cara Merubah Orientasi Lembar Dokumen Berbeda

Cara Merubah Orientasi Lembar Dokumen Berbeda

Cara Merubah Orientasi Lembar Dokumen Berbeda
Pada Microsoft Word terdapat dua jenis orientasi lembar dokumen yaitu, Potrait dan Landscape. Secara default, lembar dokumen Microsoft Word menggunakan orientasi Potrait yaitu lembar kertas yang tegak lurus.

Untuk mengganti orientasi lembar kertas dari potrait menjadi landscape yaitu lembar kertas yang miring, sebenarnya sangat mudah sekali. Namun untuk sebagian orang apalagi terutama pengguna baru, pasti akan merasa sulit untuk mengganti orientasi penulisan lembar kertas.

Oleh karena itulah, pada kesempatan ini saya akan membahas bagaimana cara mengganti orientasi lembar dokumen dan bagaimana cara membuat sebuah dokumen menggunakan dua orientasi yang berbeda.

Berikut ini bagaimana cara mengganti orientasi.

merubah orientasi lembar dokumen microsoft word
Pertama silakan kamu buat atau buka file dokumen, kemudian klik tab Layout (Page Layout).

Pada group Page Setup, silakan kamu klik menu Orientasi kemudian pilih salah satu orientasi lembar dokumen yang akan digunakan, yaitu: Potrait atau Landscape. 

Maka semua lembar dokumen akan menggunakan orientasi yang kamu pilih, namun jika kamu ingin mengganti orientasi di lembar halaman dokumen tertentu, silakan ikuti langkah-langkah di bawah ini

Membuat lembar orientasi yang berbeda.

Apabila kamu hanya ingin merubah orientasi hanya di halaman tertentu saja, maka kamu harus menggunakan perintah Breaks. Agar semua halaman tidak mengikuti pada saat halaman tersebut di ganti orientasinya.

Contoh di sini ada 4 halaman dokumen, namun saya ingin mengganti orientasi landscape di halaman nomor 3 (ketiga). Sehingga nomor 1 - 2 menggunakan orientasi Protrait, nomor 3 menggunakan orientasi Landscape dan nomor 4 menggunakan orientasi Protrait.

Pertama pastikan bahwa kurcor diakhir pengetikan pada lembar halaman sebelum lembar dokumen yang akan diganti orientasinya. Yaitu: halaman nomor 2.

Kemudian silakan kamu klik tab Layout, dan pada group Page setup. Klik pada menu Breaks dan akan muncul beberapa jenis perintah break.

cara breaks lembar dokumen word

Disini silakan kamu klik perintah break  Next page, maka akan muncul lembar baru. Kemudian silakan kamu tekan tombol Delete untuk menghapus lembar baru tersebut. 

Kemudian kamu ulangi langkah tersebut namun dilakukan pada halaman nomor 3, ini bertujuan agar halaman nomor 4 tidak ikut berubah orientasinya dan hapus lembar baru dengan tekan tombol Del.

Selanjutnya kamu pilih halaman nomor 3, kemudian silakan kamu ganti orientasinya. Maka hasil akan seperti berikut ini:

membuat orientasi lembar dokumen yang berbeda-beda

Itulah cara merubah orientasi pada lembar dokumen Microsoft Word, cukup mudah kan. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada teman, keluarga atau orang lain melalui tombol di bawah ini. Terima kasih.
Blog Mas Izaaz

 
Copyright © 2018 Blog Mas Izaaz - All right reversed | Design by Maskode.com