-->
Beranda / Microsoft Excel / Bagaimana Cara Menghitung Persentase di Microsoft Excel

Bagaimana Cara Menghitung Persentase di Microsoft Excel

Persentase atau persen adalah suatu perbandingan untuk menyatakan pecahan dari seratus dan ditulis dengan simbol (%), misalnya 20/100 maka ditulis 20%. Selain itu, persentase juga digunakan meskipun bukan unsur ratusan. Kemudian bilangan tersebut akan diskalakan agar bisa dibandingkan dengan ratusan.

Kita bisa temui perhitungan yang menggunakan persentase, misalnya: menghitung bunga bank, menghitung persen diskon dan sebagainya. Okey, langsung saja ke pembahasan bagaimana cara menghitung persentase di Microsoft Excel.

Berikut contoh perhitungan yang menggunakan persen di Microsoft Excel.

latihan menghitung nilai persentase di Microsoft Excel

Sebagai contoh disini saya membuat 5 jenis penjaman dan bunga yang berbeda-beda di tiap nomimal pinjaman. Namun, saya ingin menghitung nilai bunga dari masing-masing pinjaman tersebut.

Sebelum pastikan format dari data tersebut sesuai. Terhubung ini menggunakan data keuangan maka untuk data uang menggunakan format currency atau accounting dan untuk data persen menggunakan format percentage (persentase).

Berikut rumus untuk menghitung nilai persen: Nilai A *  persen.
  • Pada sel E4 ketikkan: =C4*D4
Dan hasil dari perhitungan Nilai bunga seperti berikut:

hasil dari menghitung nilai persentase

Apabila kamu ingin mencari jumlah persentase, sebagai contoh disini sudah ada data pinjaman dan nilai bunga sudah ada, namun untuk persentase bunga masih belum di ketahui. Untuk mengetahui berapa persen (%) yang didapat, Anda cukup menghitung dengan Rumus: Nilai bunga / Nilai Pinjaman.

Demikianlah dari artikel Bagaimana Cara Menghitung Persentase di Microsoft Excel ini semoga bermafaat dan selamat mencobanya. Terima kasih.
Blog Mas Izaaz

 
Copyright © 2018 Blog Mas Izaaz - All right reversed | Design by Maskode.com